Silabus Kurikulum 2013 SMP/MTS Revisi Tahun 2016 | Kurikulum 2013

Silabus Kurikulum 2013 SMP/MTS Revisi Tahun 2016  | Kurikulum 2013-Kembali mengawali untuk mengisi postingan website kurikulum13sdblog.blogspot.com seperti biasa kami akan kembali menyajikan perangkat kurikulum 2013 sebagai media pembelajaran di satuan pendidikan sekolah/madrasah. Namun untuk kesempatan yang baik ini kami akan memberikan sebuah perangkat hasil revisi kurikulum 2013 yang telaha selesai tahun ini 2016. Tidak banyak hal yang telah di lakukan oleh jajaran pemerintah kemendikbud merevisi bagian perangkat pembelajaran. 

Silabus Kurikulum 2013 SMP/MTS Revisi Tahun 2016  | Kurikulum 2013

Sehingga perubahan pada kurikulum 2013 pada tahun 2016 ini ada beberapa pokok penting yang harus kita ketahui, antara lain :
  1. Nama kurikulum 2013 tetap tidak berubah menjadi kurikulum nasional, akan tetapi kurikulum 2013 merupakan edisi revisi yang berlaku secara naional.
  2. Penilaian Sikap KI-1 dan KI-2 sudah di hilangkan di setiap mata pelajaran dan hanya pelajaran agama dan PKn, Namun KI tetap di cantumkan dalam penulusan RPP
  3. Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD, maka yang diambil  adalah nilai yang tertinggi. Penghitung nilai keterampilan dalam 1 KD di tolak (pratik, produk, portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semseter itu sama.
  4. Pendekatan secara scientific 5M bukanlah satu-satunya metode saat proses belajar mengajar dan apabila digunakan maka susunan-nya tidak harus bermutu.
  5. Silabus kurikulum 2013 sedisi revisi lebih ramping hanya ada 3 kolom yaitu : materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran
  6. Peribahan termologi ulangan harian di sini menjadi penilaian harian, UAS menjadi penilaian Akhir semester untuk semseter I sedangkan penilaian akhir tahun untuk semester II dan sudah tidak ada lagi UTS maka di sini langsung ke penilaian akhir Semester (UAS II)
  7. Untuk RPP- Tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubik penilaian (akan tetapi Jika Ada)
  8. Sedangakan untuk penilaian, di sini skala penilaian menkadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
  9. Terakhir adalah penilaian lewat remedial-remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan kesempataan pembelajaran ulang. Nilai remedial inilah adalah nilai yang di cantumkan dalam hasil.
 Berdasarkan dari hasil perubahan revisi tahun 2016 kurikulum setidaknya memberikan beberapa kemudahan dalam penyampaian pembelajaran di kelas. Sehingga tidak ada lagi sikap yag monoton terhadap siawa, guru dan tentunya orang tua.

Sebelum pelakasnaan pembelajaran tiap sekolah/madrasah di mulai agar bisa mempersiapkan kelengkapan yang berhubungan dengan kurikulum 2013. antara lain ;
  • Buku Kerja 1
  1.  SKL, KI dan KD
  2. RPP
  3. SILABUS
  4. KKM
  • Buku Kerja 2
  1. Kode Etuka Guru
  2. Ikrar Guru
  3. Tata Tertib Guru
  4. Pembiasaan Guru
  5. Kalender Pendidikan
  6. Alokasi Waktu 
  7. Program Tahunan (Prota)
  8. Program Semester (Promes)
  9. Jurmal Agenda Guru
  • Buku Kerja 3
  1.  Daftar Hadir
  2. Daftar Nilai
  3. Penilaian Akhlak/Kepr
  4. Analisis hasil ulangan
  5. Daftar Buku pengangan Guru/Siswa
  6. Jadwal mengajar
  7. Kumpulan Kisi Soal
  8. Kumpulan soal
  9. Analisis butir soal
  10. Perbaikan soal
  • Buku Kerja 4
  1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru (Evadir Guru)
  2. Program Tindak lanjut kerja guru
Diantara kelengkapan guna persapan menjelang ajaran baru, pokok-pokok yang di atas disebutkan tentunta sekolah/madrasag dapat mempersiapkan kebutuhan yang berhubungan dengan pembelajaran, gurum, siswa dan daftar orang tua siswa ( jika dibutuhkan)

Berdasarkan hasil revisi kurikulum 2013 tahun 2016 salah satu persiapan untuk guru dan sekolah, kami menajikan beberapa silabus kurikulum 2013 untuk sekolah/madrasah SMP/MTS. Semoga dengan contoh silabus hasil revisi ini dapat dijadikan referensi kedepannya bagi guru dan sekolah dalam membuat silabus.

Silahkan kami sediakan link untuk mengunduhnya dibawah ini;

Silabus PPKN
Silabus Matematika
Silabus IPA
Silabus Bahasa Indonseia
Silabus SJOK
 
Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat apa yang sudah kami informasikan mengenai beberapa administrasi kelas, aplikasi pendidikan dan juga beberapa file dokokumen yang mudah-mudahan menjadi salah satu referensi atau acuan dalam kelengkapan administrasi ataupun sesuatu yang sedang dikerjakan yang berhubungan dengan pendidikan.Wassalam

Silahkan Cek Administrasi Lainnya dibawah

Seputar Administrasi Guru