Sarana Penujang Proses Belajar & Kelengkapan Administrasi

Mengenal Tujuan ABS( Analisis Butir Soal) Plus Aplikasi ABS Secara Sederhana - Aplikasi Guru

Mengenal Tujuan ABS( Analisis Butir Soal) Plus Aplikasi ABS Secara Sederhana - Aplikasi Guru
Setiap kegiatan untuk menganalisis butir soal merupakan salah satu kewajiban setiap guru', Kenapa dikatakan kewajiban, karena setiap guru pada akhirnya harus dapat memberikan suatu informasi kepada lembaga (sekolah) ataupun kepada siswa itu sendiri, tentang bagaimana dan sejauh mana penguasaan dan kemampuan yang telah dicapai oleh peserta didik terhadap materi serta keterampilan-keterampilan mengenai mtiap mata pelajaran yang telah di berikan. 

Mengenal Tujuan ABS( Analisis Butir Soal) Plus Aplikasi ABS Secara Sederhana - Aplikasi Guru

Berdasarkan di lapangan salah satu kemungkinan penyebab rendahnya nilai yang di dapat oleh peserta didik di karenakan rendahnya  kemampuan seorang guru dalam melakukan evaluasi dan menyusun alat tes atau alat evaluasinya, Ada seorang tokoh mengatakan bahwa ada tiga fungsi tentang tes yaitu Fungsi untuk kelas, Fungsi untuk bimbingan dan Fungsi Untuk Administrasi (Suharsimi, 1986:138).

Suatu alat evaluasi yang berupa tes tertulis harus memiliki karakteristik atau syarat-syarat sebagai alat evaluasi yang baik, di antaranya harus memenuhi syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, sebaran kunci jawaban dan efektifitas pengecoh serta sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan di ukur. Oleh karena itu suatu analisis butir soal merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang tidak dapat di tinggalkan atau di lupakan oleh guru. karena sangat penting bagi guru untuk menentukan soal-soal mana yang cacat atau tidak berfungsi penggunaannya pendidika perlu meningkatkan kualitas butir soal melalui analisis terhadap komponen-komponen utama dari tiap buti soal yang telah disebutkan tadi di atas, maka harus di perhatikan sebagai berikut :
  • Validitas
  • Reliabilitasi 
  • Tingkat kesukaran pada soal
  • Daya Pembeda
  • Sebaran Kunci jawaban
  • Efektifitas pengecoh soal
Maka dari adanya komponen di atas kita bisa melihat salah satu daru tujuan di adakannya suatu analisis butir soal, yaitu;
  1. Adalah untuk Meningkatkan Kualitas setiap soal, Sehingga kita bisa melihat apakah dengan suatu soal dapat di terima karena telah didukung oleh data statistik yang memadai
  2. Dapat di perbaiki, karena terdapat beberapa kelemahan 
  3. Tidak digunakan sama sekali, karena terbukti secara empiris tidak berfungsi sama sekali/dengan baik.
Jadi kita dapat mengambil suatu kesimpulan dari pengertian analisis butir soal dari rangkaian kalimat di atas, bahwa analisis butir soal adalah merupakan suatu proses pengumpulan, peringkas, pengumpulan dan penggunaan informasi dari jawabam siswa untuk membuat keputusan tentang setiap nilai, ini merupakan pendapat dari (Nitko:1996).

 Dengan serangkaian permasalahan yang di temukan dari pembelajaran bersama peserta didik, maka setiap kegiatan untuk melakukan analisis butir soal, di butuhak perangkat/alat untuk lebih efektif di setiap kegiatam analisis butir soal.

Berikut ini aplikasi yang dapat kita gunakan untu kelakukan analisis butir soal, dengan aplikasi excel ini tentu dapat memberikan kemudah dalam program analisis butir soal oleh sekolah/kepala sekolah dan guru. Berikut aplikasi yang bisa di unduh pada link dibawah ini

Download Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS)
https://drive.google.com/file/d/0B4zIOvs2E7dreThBX2lkSzRPNXM/view?usp=sharing

Mengenal Tujuan ABS( Analisis Butir Soal) Plus Aplikasi ABS Secara Sederhana - Aplikasi Guru merupakan file atau dokumen yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan dan kebutuhan administrasi di sekolah, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan perbandingan atau suatu referensi sesuai dengan keperluan di sekolah kita. Lihat juga file-file yang masih perupakan perangkat administrasi guru dan sekolah di blog kami, atau dibawah ini:

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Mengenal Tujuan ABS( Analisis Butir Soal) Plus Aplikasi ABS Secara Sederhana - Aplikasi Guru"

Back To Top