Materi MOS Cara Belajar Efektif Sekolah Dasar Dan Menengah

Materi MOS Cara Belajar Efektif Sekolah Dasar Dan Menengah | Belajar yang efektif adalah proses belajar mengajar yang berhasil guna dan proses pembelajaran itu mampu memberikan pemahaman, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu atau kulitas yang lebih baik serta dapat memberikan perubahan perilaku dan dapat diaplikasikan atau diterapkan dalam kehidupan seharu-hari, sehingga hasil dari pembelajaran itu akan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul di berbagai bidang.
Materi MOS Cara Belajar Efektif Sekolah Dasar Dan Menengah
Dan untuk mencapai belajar yang efektif tentu saja dalam prosesnya harus dilakukan dengan baik dan benar:

1. Belajar Kelompok 
Dalam belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada seperti di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua sendiri agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai menjadi atau mengetahui (ketularan pandai). Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum pernah dipahami oleh semua atau sebagian kelompo belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru

2. Rajin. Membuat Catatan Intisari pelajaran
Yang harus di perhatikan pada bagian yang penting dari pelajaran sebagiknya dicatat di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana. Sehingga dapat dibaca dimanapun kita berada artinya bisa dibaca berulang-ulang. Namun catatan tersebut jangan dijadikan sebagai media untuk mencontek pada saat ulangan yang dapat merugikan diri kita sendiri.

3. Membuat Perencanaan yang baik
Sedangkan untuk mencapai suatu tujuan biasanya di iringi oleh suatu rencana yang baik, Oleh karena itu ada baiknya kita membuat sebuah rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki agar pencapaian nanti sesuai dengan keinginan kita sendiri. Buatlah rencana belajar yang di prioritaskan pada mata pelajaran yang lemah dan juga kita harus membuat jadwal belajar yang baik agar tidak bentrok dengan kegiatan lain.

4. Disiplin dalam belajar
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka yang harus di jalankan dengan baik, contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius sambil bermain-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibdah dan sebagainya telah tiba maka janganlah di tunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan diatas tersebut. Jika waktu belajar belum uasi, bermain dengan teman atau game dapat merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatan bermain juga harus dijadwalkan dengan baik yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar. Jika bermain video game sebaiknya pilihlah game yang dapat menddidik dan tidak menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kekesaalan yang tinggi jika kalah.

5. Menjadi aktif bertanya dan ditanya
Jika ada hal yang belum jelas atau tidak di mengerti, maka harus ditanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabnya. Jika kita bertanya, maka bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita tentang hal-hal yang belum kita pahami. Karena semakin banyak ditanya maka kita akan dapat mudah ingat dengan jawaban dan apa bila kita juga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman pada saat ada belajar kelompok baik di rumah ataupu di sekolah.

6. Belajar Dengan Serius dan Tekun
Ketika kita belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan, Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluat pada saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang bacalah kembali catatan yang telah di buat dan hapalkan sambil dimengerti serta memahami secara seksama. Jika kita sudah mersa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri kita sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjaakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang memang masih salah dijawab tadi.

7. Hindari Belajar berlebihan
Jika menjelang atau pada saat ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita selalu panik jika kita belum siap menghadapi ujian atau ulangan itu, maka jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap biasanya dengan belajar hingga larut malam atau begadang atau membuat contekan. Nah...untuk seperti ini sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena juja bergadang semalaman maka akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi usia anak-anak sekolah dasar.

8. Jujur dalam mengerjakan ulangan dan ujian
Hal yang lebih utama dalam mengadapi ujian atau ulangan adalah menghindari untuk mencontek atau membawa catatan kecil. Karena mencontek dapat membuat sifat kita menjadi curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan-kebohongan lainnya. Dan untuk menutupi kebohongan maka harus di biasakan untuk tidak mencontek pada saat ujian atau ulangan. Karena sepintar apapun kita dengan mencontek yang pastinya akan ketahuan guru dan memiliki masa depan sebagai penjahat apabila kita melakukan kecurangan terus menerus di waktu kecil atau menuntut ilmu.

9. Jadilah seorang Pemimpin, latihlah rasa tanggung jawabmu
Apa bila guru kita meminta bantuan untuk mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan kelas, jangan ragu apa lagi membatahnya dan sikap kita sebagai siswa maka bantuan itu harus kita terima. Ajak beberapa teman kelas dan pimpin mereka untuk membersihkan kelas masing-masing.

11. Mendengarkan Penjelasan Guru dengan baik
Apa bila di dalam kelas, sebagai siswa kita harus mendengarkan penjelasan guru dengan baik dan apa bila di beri pertanyaan maka jawablah sesuai dengan kemampuan kita, dan apa bila ada pertanayaan dari guru yang di ajukkan secara bersama-sama atau bukan perorangan, maka kita jangan ragu untuk menerima dan menjawabnya.

12. Jangan Malu untuk bertanya
Dan apa bila guru selesai menjelaskan materi pelajaran, maka kita selalu ajukan pertanyaan kepada guru apa bila tidak ada yang di mengerti tentang sesuatu hal yang sudah di sampaikan oleh guru.

13. Kerjajan PR
Dari sekian banyak siswa dari masalah ini sering di temukan, yaitu malu bertanya kepada guru apa bila guru selesai memberikan materi apa yang sudah di jelaskan, sehingga penyakit seperti inilah kerapkali menghantui peserta didik, jadi sebisa mungkin kita sebagai peserta didik selalu mengajukan pertanyaan kepada guru apa bila tidak mengerti tentang sesuatu hal yang sedang atau sudah dibahas oleh guru.

14. Selalu mengulang pelajaran yang sudah diajarkan
Apa bila guru kita memberikan PR maka kita harus mengerjakan PR dengan baik, jangan selalu mencari alasan untuk tidak mengerjakannya. Dan jangan malas mengerjakan PR dengan alasan lupa atau menunda-nuda mengerjakannya. Akan lebih enak dan satai kalau kita cepat mengerjakan PR jadi masih punya banyak wakatu untuk bermain atau mengerjakan sesuai dengan hobi kita

15. Cukup Istirahat, makan dan bermain
Setiap pulang dari sekolah selalu mengulang pelajaran yang sudah di ajarkan guru di sekolah, nanti sewaktu ada ulangan jidi tidak banyak yang harus di pelajari kembali

14. Banyak berlatih pembelajaran yang kurang di sukai
Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contonya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompotk dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu juga siapa tahu dari keurang menyukai matematika maka kalian dapat menyukainya.

16. Ikutilah kegiatan ekstrakurikuler yang kamu senangi
Ikutilah dan cari tahu apa yang cocok dengan kamu yang di sukai, contohnya apabila kalian suka pelajaran ekstrakulikuler seperti Tae Kwondo, cobalah untuk mengikuti kurusus dari kegiatan tersebut sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.

Dari beberapa contoh uraian tentang belajar yang efektif baik itu di sekolah ataupun di rumah merupakan suatu keharusan bagi siapa saja apabila masih aktif menjadi seorang pelajar. Karena keaktifan dalam belajar bukannya siswa atau peserta didik saja, akan tetapi bagi seorang guru atau orang bisa saja bila di kehidupan dapat mengatur waktu dengan baik dan efektif maka segala sesuatunya akan menjadi lebih baik.

Nah itulah 16 poin untu belajar secara efektif yang mudah-mudahan menjadi gambaran atau motifasi dalam belajar dan apa bila ingin menyimak secara lengkap tentang cara belajar efektif ini bisa di download pada tautan dibawah ini

DownloadMateri MOS Cara Belajar Efektif Sekolah Dasar Dan Menengah

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat dengan adanya postingan yang kami share secara singkat ini tentang Materi MOS Cara Belajar Efektif Sekolah Dasar Dan Menengah
    Materi MOS Cara Belajar Efektif Sekolah Dasar Dan Menengah merupakan file atau dokumen yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan dan kebutuhan administrasi di sekolah, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan perbandingan atau suatu referensi sesuai dengan keperluan di sekolah kita. Lihat juga file-file yang masih perupakan perangkat administrasi guru dan sekolah yang bisa di download dibawah ini

    Artikel Terkait

    Seputar Administrasi Guru