Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Cara Melatih Anak Untuk Bersikap Jujur

Info-Dokumenpadu - Cara melatih Anak Untuk Bersikap Jujur - Memiliki anak merupakan suatu kebanggan setiap orang, Karena dengan memiliki seorang anak merupakan Anugrah yang di berikan Oleh Yang Maha Kuasa menjadikan setiap manusia harus menjaga yang telah di amanahkan oleh - Nya. Selain menjadikan Amanah bagi kita memiliki seorang anak, berarti kita telah memiliki keturanan di masa yang akan datang.

Cara Melatih Anak Untuk Bersikap Jujur

Dan tentu setiap orang tau dalam memberikan pendidikan atau mendidik seorang anak berbeda-beda cara sesuai dengan pengalaman hidup atau melihat di alam sekitar. Bahwa anak adalah titipan dari Yang Maha Kuasa, maka harus di besarkan di ajarkan sesuatu dengan baik agar di masa yang akan datang tubuh dewasa, seorang akan dapat menjadi pribadi yang baik, santun, sopan, menghormati kedua orang tua, dan juga menghormati orang lain serta orang yang lebih dewasa darinya.

Lalau bagaimana, apa bila seorang anak usia antra 6-10 tahun sudah bisa berkata bohong kepada orang lain dan juga kepada orang tuanya? inilah yang akan kami bahas hari ini tentang Inilah Cara melatih Anak Untuk Bersikap Jujur kepada siapa saja dan yang paling utama adalah belajar jujur kepada orang tua dan jujur kepada diri sendiri.

Oleh karena itu, setiap orang tua sedini mungkin wajib menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada putra dan putrinya. Agar anak tidak terbisa melakuannya. Kalau pun si kecil (anak-anak) sudah mulai menunjukan "Aksi" bohongnya, maka kita harus bisa mengatasi dan mencari solusi agar berbohong tidak mejadikan kebiasaan baginya.

Sebelum kita mengetahui cara mengatasi seorang anak yang suka berbohong, alangkah baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu, apa penyebab utama seorang anak melakukan berbohong?. Mernurut Situs Familiyeducation.com, secara umumnya anak yang suka berbohong di karenakan hal-hal berikut ini;
  • Takut akan konsekuensi atau hukuman atas tindakan mereka yang salah
  • Melindungi seseorang atau sesuatu hal
  • Tidak berani terbuka
  • Menghindari hal yang tidak menyenagkan
Setiap menghadapi anak yang sudah mulai bisa berbohong memang tidaj mudah. Akan tetapi sebelum terlambat. maka latihlah anak agar tidaj memiliki kebiasaan berbohong. Agar berbohongan ini tidak terulang dan menjadikan suatu kebiasaan bagi seorang anak. Adapun untuk cara mengatasi seorang anak yang sudah terbisa berbohong, maka kita harus berusaha mengatasinya agar berbohong tersebut tidak melekat di diri seorang anak. Berikut ini Inilah Cara melatih Anak Untuk 

1. Bersikap Jujur.
Seorang anak adalah peniru yang baik. Jadi disini adalah apabila kita kerap berbohong, mekipun dalam jumlah kecil, yakinlah si anak akan mengikutinya. Salah satu yang dapat kita ambil contoh yaitu. Pada saat kita menghindar dari seseorang, kita memita kepada anak untuk mengangkat telepon dan mengatakan kita sedang pergi. Dari pernyataan seperti itu mengang sangat sederhana, akan tetapi kalau kita memikirkan bila ini terjadi beberapa-kali? maka sifat bohong akan menjadi suatu kebiasaan, karena keseringan di depan seorang anak atau menyuruh seorang anak untuk berkata seperti halnya diatas.

2. Menjadi Teladan Bagi Anak
Selain menjadikan teladan bagi seorang anak, kita harus mampu menjelaskan kepada anak tentang dampak dari seringnya bohong, Misalnya "Bohong itu Dosa". "Tuhan tidak senag kepada anak yang suka berbohong". Atau "pembohong itu dibenci dan tidak punya teman". Dan seterusnya. Sehingga dengan begitu seorang anak akan berpikir untuk tidak berbohong.

3.  Memberi kepercayaan dan hargai kejujurannya
Seorang anak akan sangat senang bila kita mempercayakan sesuatu padanya, Misalnya kita membeli sesuatu ke super market/mini market dengan uang yang lebih. Bila ia mengerjakan tugas belanjaanya dengan baik, berikan ia apresiasi. Tapi bila unag kembalian ia belikan sesua dan ia jujur telah memakai uang kembalian, beri penghargaan atas kejujurannya. Dengan memberikan senyum dan pelukan. Karena hal ini akan terus melatihnya untuk tetap terbuka dan jujur pada siapapaun.

4. Memberi contoh dampak dari berbohong
Apa bila seorang anak sekali ketahuan melakukan kebohongan (berbohong), Usahakan untuk tidak menghadapinya dengan keras. Sebaiknya kita mencoba menasehatinya sambil mengingatkan tentang akibat berbuat bohong. Bila kita ingin bersifat tegas dengan memberikan ia hukuman, tapi bukan menghukum karena kebhohongannya. Tapi karena sikapnya yang takut mengaku atau menyembunyikan kebenarannya.

5. Stop labeling pada anak
Kita jangan hanya karena berbohong, ia telah di juluki  " si pembohong". Dimana hal ini harus dimulai dari dalam keluarga, yang bisa menerima dan meupakan kesalahannya. Bila si anak mendapatkan julukan si pembohong, yang pastinya si anak akan semakin membuatnya malu dan takut akan hal yang benar.

Sampai disini dulu postingan hari ini, dan terimakasih sudah menyimak postingan tentang Cara Melatih Anak Untuk Bersikap Jujur, semoga kita sebagai orang tua harus lebih berhati-hati dalam mendidikan dan membesarkan seorang anak, agar tidak sering melakukan kebohongan kepada siapa saja.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Melatih Anak Untuk Bersikap Jujur di blog Info Untuk Mu jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com