Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Peran Seorang Guru Sebagai Pendidik

Peran Seorang Guru Sebagai Pendidik - Menjadi seorang guru pada masa sekarang ini tidaklah mudah walapun berbagai pengalaman yang telah di dapatkan selama berkarir menjadi seorang guru. Karena guru setiap dalam proses pembelajaran memiliki peran yang sangat penting. Bagaimanapun hebatnya suatu teknologi, peran seorang guru akan tetap diperlukan. Konon bahwa teknologi dapat memudahkan manusia mencari dan mendapatkan informasi dan pengetahuan, tidak mungkin bisa di menggerti peran guru. Lalu apa peran seorang guru dengan kondisi seperti itu? Maka dari inilah kita bisa memahami bahwa seorang guru sebagai pendidik harus memiliki tiga peran dibawah ini.

Peran Seorang Guru Sebagai Pendidik

a. Guru Sebagai Sumber Belajar
Untuk perang seorang guru sebagai sumber belajar - merupakan peran yang sangat penting. Peran sebagai sumber belajar berkaitan erat dengan penguasaan materi pelajaran. Kita bisa menilai baik atau tidaknya seorang guru hanya bisa dari penguasaan materi pelajaran. Dikatakan guru yang baik mana kala dya dapat menguasi materi pelajaran dengan baik, hingga benar-benar dya berperan sebagai sumber belajar bagi peserta didiknya.

Adapun yang berkaitan dengan sumber belajar dalam suatu proses pembealajaran hendaknya seorang guru dapat melakukan beberapa hal penting agar dapat memberikan sumber guru sebagai sumber belajar, yaitu:
  • Guru harus memiliki bahan referensi yang baik lebih banyak dibandingkan dengan siswa. Karean ini untuk menjaga agar guru memiliki pemahaman yang lebih baik tentang materi yang akan di kaji bersama siswa. 
  • Guru dapat menunjukan sumber belajar yang dapat dipelajari oleh siswa yang bisanya memiliki kecepatan belajar di atas rata-rata siswa lainnya. Siswa yang seperti itu perlu diberikan perlakuan khusus, misalnya dengan memberikan bahan pengayaan dengan menunjukan sumber belajar yang berkaitan dengan materi pelajaran.
  • Guru perlu melakukan pemetaan materi pelajaran, misalanya dengan menentukan mana materi inti, yang wajib dipelajari siswa, mana materi tambahan mana materi yang harus diingat kembali. karena pernah di bahas dan yang lainnya. Dengan melalui pemetan semacam ini akan memudahkan bagi guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai sumber belajar.
b. Guru Sebagai Fasilitator
Untuk bagian ke dua ini peran guru sebagai fasilitator ialah berperan untuk memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar. Sebelum proses pembelajaran dimulai, di usahakan guru bertanya : Bagaimana caranya agar ia mudah menyajikan bahan pelajaran? Pertanyaan tersebut sekilas memang ada benarnya. Melalui usaha yang sungguh-sungguh, guru ingin agar ia dapat dengan mudah menyajikan bahan pelajaran dengan baik. Dengan demikian, pertanyaan tersebut menunjukan bahwa proses pembelajaran berorentasi pada guru.

Oleh sebab itu, akan lebih bagus dimana kala sebuah pertanyaan tersebut diarahkan pada siswa, misalanya apa yang harus dilakukan agar siswa mudah mempelajari bahan pelajaran sehingga tujuan dari belajar tercapai secara optimal dan tentunya maksimal. Pertantyaan tersebu sering mengundang makna, kalau tujuan mengajar adalah mempermudah siswa dalam belajar. inilah sebuah hakikat dan tanggung jawab sebaga peran guru sebagai fasilitatror dalam proses pembelajaran.

Agar dapat melaksanakan berbagai jenis sumber media belajar beserta fungsi masing-masing media tersebut. Pemahaman akan fungsi media sangatlah diperlukan, belum tentu suatu media akan cocok digunakan untuk mengajarkan semua bahan pelajaran. karena setiap media memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu seorang guru perlu memiliki keterampilan dalam merancang suatu medaia. Kemampuan merancang media merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional. Dengan perancangan media yang dianggap cocok akan memudahkan proses pembelajaran di kelas, sehingga pada gilirannya tujuan akan tercapai seara optimal.

Seorang guru dituntut untuk mampu mengorganisasikan berbagai jenis media serta dapat memanfaatkan berbagai sumber belajar. Perkembangan teknologi mutahir di berbagai perkembangan teknologi informasi memungkinkan setiap guru dapat menggunakan berbagai pilihan media yang dianggap cocok.

Sebagai sumber fasilitator guru dituntut agar memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa. Hal ini sangat penting, karena dengan kemampuan berkomunikasi secara efektif dapat memudahkan siswa menangkap pesan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mereka.

c. Guru Sebagai Demonstrator
Untuk bagian yang terakhir ini adalah guru sebagai Demonstrator, artinya di sini peran seorang guru untuk mempertunjukan kepada siswa agar sesuatu yang dapat membuat siswa lebih mengerti dan amemahami sertiap pesan yang akan di sampaikan. Dimana peran guru sebagai Demonstrator ini ada dua konteks yaitu.

  • Pertama sebagai demonstrator berati seorang guru harus menunjukan sikap-sikao yang terpuji. Dalam setiap aspek kehidupan, Guru merupakan sososok idela bagi setiap siswa. Biasanya apa yang dilakukan guru akan menjadi acuan bagi siswa. Dengan demikian dalam konteks ini guru memiliki peran sebagai model dan teladan bagi setiap siswa.
  • Kedua sebagai demonstrator seorang guru harus dapat menunjykan bagaimana caranga agar setiap materi pelajaran dapat lebih dipahami dan dihayati oleh setiap siswa. Oleh karena itu guru sebagai demonstrator ini erat kaitannya dengan peraturan strategi pembelajaran yang lebih efektif.
Itul yang dapat kami informasikan mengenai Peran Seorang Guru Sebagai Pendidik, semoga menjadikan wawasan bagi kita, bahwa menjadi seorang guru haruslah mampu memberikan yang terbaik kepada peserta didik dalam setiap proses pembelajaran. Karena tidak ada seorang guru yang sempurna, terkecuali hanya dengan menambah wawasan pembelajaran yang belum kita pahami sebagai modal untuk pembelajaran di kelas dengan efektif dan juga maksimal.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Peran Seorang Guru Sebagai Pendidik di blog Info Untuk Mu jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com