Contoh Silabus PAUD Di Kurikulum 2013

Met berjumpa kembali ayah bunda dengan kami di web info-dokumenpaud.com, yang mudah-mudahan tetap menjalankan aktifitas seperti bisa dan selalu dimudahkan setiap kegiatan yang di kerjakan ayah bunda. Amin.
Contoh Silabus PAUD Di Kurikulum 2013
Ilustrasi
Baiklah langsung saja kita kepostingan hari ini, dan kami akan membahas dan membagikan perangkat pembelajaran yang terkait dengan kurikulum yaitu Silabus. Sesuai dengan Judul yang kami buat diatas adalah Contoh Silabus PAUD Di Kurikulum 2013. Yang insallah dengan file yang kami bagikan ini bisa menjadi bahan referensi pembelajaran di sekolah ayah bunda. Sebelum menuju link download file silabus, kami akan menjelaskan sedikit tentang Contoh Silabus PAUD Di Kurikulum 2013 untuk PAUD yang harus dibuat oleh guru pendidik di sekolah paud.

Silabus PAUD yang memang dan harus di susun secara sistematis dan berisikan komponen-komponen yang saling berkaitan untuk memenuhi terget pencapaian pada bidang pengembangan pembentukan perilaku dan kemampuan dasar silabus Paud ini yang berisikan hal-hal sebagai berikut :

  • Seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan perkembangan berupa : program semester, Rencana kegiatan mingguan, dan rencana keguatan harian
  • Rencana pengelolaan kelas berupa renacana penataan lingkunagn pembelajaran, rencana kegiatan awal, rencana kegiatan inti dan rencana kegiatan akhir.
  • Rencana penilaian berupa : Rencana bentuk dan teknik penilaian yang akan digunakan.
Sedangkan untuk menyusun silabus paud, guru harus memahami komponen-komponen yang ada di dalam kurikulum terutama di kurikulum 2013 antara lain:
A. Bidang Pengembangan
bidang pengembangan mencakup pembentukan perilaku dan bidang pengembangan kemampuan dasar.

B. Capaian Perkembangan
Pencapaian perkembangan merupakan pernyataan perkembangan aktual yang dicapai oleh peserta didik di suatu tahapan pengalaman belajar dalam satu capaian perkembangan pada lingkup perkembangan tertentu.

C. Tingkat Pencapaian perkembangan
Tingkat pencapaian perkembangan merupakan aktulisasi potensi semua aspek perkembanagan yang di harapkan di capai oleh peserta didik pada setiap tahap perkembangan dalam bidang perkembangan suatu tingkat pencapaian kecakupan akademik

D. Indikator
Indikator merupakan hasil belajar peserta didik yang lebih spesifik dan terukur dalam suatu potensi perkembangan peserta didik untuk menilai ketercapaian perkembangan.

Itulah pembahasan singkat mengenai silabus paud yang kami uraikan secara singkat, dan dibawah ini kami sediakan Contoh Silabus PAUD Di Kurikulum 2013 yang merupakan penjabaran program perkembangan atau kurikulum dan dikembangkan dengan memperhatikan pengalaman guru paud, kepala sekolah dan para pembina paud/tk di daerah kabupaten/kota. Selengkapanya dari Contoh Silabus PAUD Di Kurikulum 2013 ini bisa di unduh pada link tautan dibawah ini :


Link Alternatif : 

Demikianlah postingan atau artikel yang kami bagikan ini, semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber referensi dalam pembuatan silabus kedepannya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon