Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Cara Mengajari Anak Menggambar Secara Sederhana

Cara Mengajari Anak Menggambar Secara Sederhana
Selamat sore ayah bunda, kembali lagi dan saya ucapkan selamat datang di website Info-dokumenpadu.com. Untuk kali ini saya ingin berbagi postingan tentang Cara Mengajari Anak Menggambar Secara Sederhana yang tentunya ini adalah sebagai dasar pembelajaran untuk mengajarkan anak menggambar.

Cara Mengajari Anak Menggambar Secara Sederhana

Langsung saja akan saya uraikan secara sederhana yang mudah-mudahan dapat dipahami dan dipraktekan oleh ayah budan di sekolah masing-masing.

Pada dasarnya mengajari anak menggambar adalah dimulai dengan mengkondisikan pada anak dengan kegitan mengambar itu sangat menyenangkan. Kita tentunya sebagai pendidik dan juga orang tua harus bersikap terbuka dan komunikatif pada anak, sampaikanlah kepada anak bahwa 'Menggambar iitu mudah", dan jangan lupa puji pula dan penghargaan terhadap ganbar karya anak yang sudah dibuatnya dengan susah payah atas apa yang mereka imjinasikan terhadap gambar tersebut.

Mengajaru anak dimulai dengan membentuk yaitu bentuk coretan secara sederhana yang sesuai dengan kemampuan anak. Langkah-langkahnya yaitu ajaklah anak membuat coretan gambar sebagai berikut:

Menggambar dengan titi-titik, ajak anak membuat gambar dengan bentuk titik-titik dimulai dari bentuk gambar titik-titik satu warna, dua warna hingga akhirnya dengan kombinasi beberapa warna sekaligus sesuai dengan arahan ayah bunda.

Mengambar secara garis vertikal dan horizontal, membuat gambar dengan garis-garis berttikal dan horizontal secara bertahap, dimulai dari garis horizontal dan vertikal dikertas terpisah, kemudian menggambar kombinasi dalam vertikal dan horizonatal dalam satu kertas dengan kombinasi warna sesuai dengan selera anak.

Menggambar garis miring, anak diajarkan membuat garis miring dengan tarikan alat tulis dari kiri ke kanan, dari kanan ke kiri, dari atas kebawah dan dari bawah keatas. Untuk tahap awal dari metode ini karena cukup susah maka anak boleh menggunakan alat bantu penggaris. Ini dilakukan sampai anak sudah cukup mampu menggoreskan alat gambarnya secara langsung.

Menggambar bentuk lengkung dan lingkaran. Tangan anak mulai dilatih dengan kontrol yang lebih sulit yaitu bentuk lengkung dan lingkaran, pertama anak di suruh membuat gambar lengkung menghadap kebawah seperti huruf "n" dan kemudian lengkung menghadap ke atas seperti bentuk "u", setelah anak terlihat cukup mahir dilanjutkan dengan membuat lingkaran dengan bentuk awalanya kombinasi "n dan u" lalu membuat lingkaran secara utuh.

Menggambar dengan teknik Asosiasi, selanjutnya kita masuk pada tahap menggambar bentuk nyata. Pada tahap ini anak akan diajarkan menggambar dengan mengasosiasikan bentuk yang dikenalanya menjadi obyek gambar yang akan dibuat. Bentuk yang paling bagus adalah mengasosiasikan Abjad atau Angka, di sini didasarkan pada dua manfaat, yaitu selain anak mahir menggambar, juga dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran keaksaraan dan angka pada anak didik.

Demikianlah yang dapat saya uraikan dari Cara Mengajari Anak Menggambar Secara Sederhana ini semoga dapat memberikan manfaat serta wawasan untuk ayah bunda dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik. 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Mengajari Anak Menggambar Secara Sederhana di blog Info Untuk Mu jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com