Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Cek Kebenaran NISN Berdasarkan Nomor NISN & Nama Tugas Operator Sekolah

Cek Kebenaran NISN Berdasarkan Nomor NISN & Nama Tugas Operator Sekolah - Hallo sahabat guru sekolah dasar, teruntuk bagi Operator Sekolah dimanapun berada, Salam Sejahtera dan Salam Satu Data (Dapodikdasmen). Hari ini saya sebagai admin mau berbagi sedikit informasi tutorial terkait dengan Dapodikdasmen atau yang di kenal dengan sebutan Aplikasi Dapodik.

Cek Kebenaran NISN Berdasarkan Nomor NISN Tugas Operator Sekolah

Aplikasi dapodik yang merupakan mendataan secara online dan offline yang dikerjakan oleh operator sekolah. Dimana dengan aplikasi dapodik ini setiap jenjang sekolah yang sudah mengajukan diri untuk menggunakan aplikasi dapodik. Maka setiap sekolah harus mendata semua data yang sudah terdapat pada tiap menu di aplikasi dapodik.

Adapun ringkasan tiap menu yang terdapat di aplikasi dapodik yaitu :

1. Data sekolah
2. Data Guru dan kepegawaian
3. Data Siswa.

Dari ketiga komponen data tersebut di aplikasi memiliki ruang input yang berbeda-beda sehingga setiap data dari ketiga komponen tersebut saling berkaitan satu sama lainnya. Dan tidak boleh satu menu yang terlewatkan oleh operator sekolah tiap input data ke Aplikasi Dapodik.

Sesuai dengan judul yang saya buat yaitu tentang "Cek Kebenaran NISN Berdasarkan Nomor NISN". Maka dari sini saya tidak akan menjelaskan secara jauh mengenai aplikasi dapodik. Dari informasi tutorial singkat ini sebagai informasi bagi Operator Sekolah yang mengalami kendala terhadap data peserta didik yaitu NISN.

Tentu saja hal seperti ini bisanya di alam oleh Operator Sekolah yang baru pertama kali bekerja sebagai Operator Sekolah yang mana masih awam terhadap Aplikasi Dapodik. Nah...bagi rekan Operator Sekolah yang belum mengetahui "Cek Kebenaran NISN Berdasarkan Nomor NISN". Silahkan di simak tutorial singkat dari saya dibawah ini.

1. Ketik di pencarian google ketik NISN, atau copy link berikut ini "http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data".

2. Siapkan Akte Lahir 

3. Nomor NISN Jika Ada 

4. Setelah tampil di halaman data nisn seperti tampak gambar dibawah ini:


Dari gambar yang saya tampilkan ada dua anak panah, Dimana ke 2 anak panah menunjukkan 2 bagian tab yang berbeda. Di sini Sahabat Operator Sekolah tinggal memilih tab mana yang akan digunakan untuk mengecek data siswa yaitu :

1. Berdasarkan Nama 
2. Berdasarkan NISN

Tujuan dari dua tab tersebut memiliki tugas dan fungsi yang berbeda, tapi hasilnya sama yaitu menampilkan data peserta didik secara lengkap yang meliputi Nama lengkap, Tempat Lahhir, Tanggal Lahir dan Kepemilikan NISN.

Jadi, untuk sahabat operato jika mengalami kendala untuk memastikan nama peserta didik sudah memiliki nisn, tetapi di aplikasi dapodik NISN tidak di temukan/tidak muncul. Jadi solusinya dapat di lakukan dengan cara diatas.

Untuk memperjelas tutorial diatas, saya sediakan video ringkasnya dibawah ini.

Demikianlah dari saya Cek Kebenaran NISN Berdasarkan Nomor NISN, semoga bermanfaat dan dapat membantu rekan guru Operator Sekolah dimanapun berada. Terimakasih
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cek Kebenaran NISN Berdasarkan Nomor NISN & Nama Tugas Operator Sekolah di blog Info Untuk Mu jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com