Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

8Cara Mendidik Anak Yang Benar Dalam Ajaran Islam

8 Cara Mendidik Anak Yang Benar Dalam Ajaran Islam Setiap orang tua yang memiliki putra putri tentunya memilik cara yang berbeda-beda dalam mendidiknya dirumah, di lingkungan masyarakat dan juga dengan alam sekitarnya. Bagitu juga dengan cara mendidika anak laki-laki dan perempuan tentu saja berbeda. Selain para orang tua memang berkewajiban mengarahkan, membimbing dan memperkuat karakter sianak sesuai dengan kodratnya. Karena setiap anak laki-laki dan perempuan itu memiliki keistimewaan masing-masing, baik itu dari segi fisik maupun psikisnya.
7 Cara Mendidik Anak Yang Benar Dalam Ajaran Islam
8 Cara Mendidik Anak Yang Benar Dalam Ajaran Islam
Di dalam Ajaran Islam, sebagaimana agama paling sempurna, tentu saja sangat memperhatikan cara mendidik anak laki-laki dan perempuan dengan tujuan agar panji-panji agama demi kebahagiaan dunia dan akhirat. Kita ambil contoh nyata dari dari Rasulullah Saw sebagai panutan utama, bagaimana beliau dididik dan mendidik adalah kunci utam yang harus juga kita terapkan dalam mendidik anak. Dari sinilah saya ingin berbagi coretan di web saya ini untuk berbagi pengalaman dan berbagi informasi tentang cara mendidik anak. Walapun kita mengetahui bahwa dalam mendidik anak sebagai amanah dari Allah Swt, memang berbeda-beda di alam semesta ini, akan tetapi dengan apa yang saya tulis ini semoga saja menjadi wawasan dalam ilmu mendidik anak.

Saya mencoba berbagi info di sini mencoba akan membahas tentang 8 Cara Mendidik Anak Yang Benar Dalam Ajaran Islam, walapun di luaran sana cara mendidik anak memiliki beberapa kriteria sendiri-sendiri. Dibawah ini akan saya bahas satu persatu sesuai dengan cara mendidik anak laki-laki Ala Rasulullah sebagai berikuti:

8 Cara Mendidik Anak Yang Benar Dalam Ajaran Islam
  1. Memilih Calon Istri dan Ibu yang baik - - Sebagaimana dalam hukum sosiologi yang berlaku umum menyatakan bahwa keluarga adalah agen sosialisasi utama bagi anak. Maka islam telah jauh lebih dulu menyatakan bahwa keluarga terutama seorang ibu, adalah sebagai madrasah alias sekolah pertama dan utama bagi anak. Oleh karena itu, jika ingin memiliki keturunan yang baik, terutama anak laki-laki yang suatu saat bisa menjadi kebanggaan maka dimulaila dari siapa ibunya. Islam selalu menerapkan paham kepantasan. maka untuk mendapatkan pasangan yang mengerti cara mendidik anak laki-laki yang baik, terulah perbaiki diri agar suatu saat pantas mendapatkannya.
  2. Mendoakan dan memberi nama yang baik - - Salah satu doa yang dapat kita lakukan adalah dengan memberinya nama yang baik sesuai dengan syariat. Adapun nama-naman yang baik tentunya datang dari Al-Quran. Selain itu bisa juag kita sebagai orang tua mengambil nama dari Nabi atau para sahabat yang dekat dengan Allah, dengan harapan anak-anak kita kelak akan menjadi orang yang sama dekatnya dengan Allah, sebagaimana para Nabi dan sahabatnya.
  3. Rajin Menceritakan Kisah Telanan - - Selain dengan memberikan nama yang baik, salah satu cara mendidik anak laki-laki yang benar dalam ajaran Islam tentu saja dengan memberikan mereka dekat dengan tokoh-tokohnya, sehingga dengan menimbulkan rasa cinta dan mendorongnya untuk memiliki akhlak sebagaimana dya mengidolakannya yang bisa kita certiakan. Oleh karena itu kita sebagai orang tua masih menceritakan kancil dan buaya atau kisah super hero fiksi yang berasal dari barat. Maka mulailah dari sekarang gantilah dongeng sebelum tidur anak kita dengan kisah telandan para Nabi dan para sabahatnya yang memberikan keteladanan.
  4. Tumbuhkan jiwa kepemimpinan - - Seorang laki-laku adalah Khalifah, para pemimpin. Maka sejak dini para orang tua harus senantiasa menanamkan jiwa kepemimpinan sebagai salah satu cara mendidik anak laki-laki. Selain dengan tujaun agar anak memahami perannya sebagai seorang laki-laki, anakpun sedari keci akan tumbuh sikap mandiri dan tegas para tempatnya
  5. Tunjukan Afektifitas - - Di antara para orang tua ada sebagain, yaitu terutama pihah ayah yang kadang segan untuk menunjukkan rasa kasih sayangnya sebagai salah satu cara mendidik anak laki-laki dengan alasan bahwa anak laki-laki tidak perlu diperlakukan dan dimanja sebagaimana anak perempuan. Siapa bilang yang bolh atau harus dimanja hanya akan perempuam?. Rasulullah Saw sering menunjukan rasa kasih sayangnya kepada anak-anak laki, kepada hasan Bin Ali. Rasa kasih sayang yang ditunjukan inilah yang akan membagkitkan rasa percaya diri anak laki-laki. Jadi janganlah segan untuk menunjukan rasa sayang kita kepada anak laki-laki kita selama dalam taraf wajar dan bisa dimaklumi
  6. Memperhatikan fase-fase perkembangan anak - - yang paling menarik dari pendidikan Rasulullah adalah adanya fase usia dan penerapannya yang tepat. Rasulullah Saw memiliki tipe pendidikan yang berbeda untuk range usia berbeda baik itu untuk cara mendidik anak laki-laku maupun perempua. Dan kita ketahui hasil didikan Rasulullah Saw yang bernama Ali dan Usamah bin zaid mampu menjadi generasi emas yang banyak memberikan sumbangan kejayaan bagi Islam dan rela syahid demi Agamanya. Maka dari itulah kita mulai dari sekarang, pelajari kembali fase-fase pendidikan Rasulullah dan kemudian terapakan secara bertahap kepada anak kita terutam anak laki-laki
  7. Penanaman Aqidah dan Tauhid yang kuat - - ini merupakan kewajiban bagi orang tua agar anak-anak mengenali siapa dirinya dan siapa Tuhannya sejak dini. Sedari kecil kehendaklah kita sebagai orang tua harus menanamkan dasar aqidah yang kuat mulai dari hal sederhana semacam pengetahuan dasar tentang rukun islam dan rukun iman, serta memberikan pengertian pentingnya shalat 5 waktu atas dasar keintaan kepada Allah.
  8. Menanamkan Kebiasaan Bersyukur Sejak Dini - - Untuk pembahasan yang terakhir ini salah satu cara mendidik anak yang benar dalam Ajaran Islam yaitu agar senantiasa lembut hati dan bersahaja adalah dengan menanamkan kebiasaan bersyukur atas karunia Allah Sejak dini. Kenalkan anak-anak kita kepada Allah dan segala sisi pemberain- Nya yang tidak akan pernah bisa kita balas. Dengan mengucapkan Alhamdulillah, mengajar dan membiasakan anak shalat malam adalah salah satu cara menanmkan kebiasan bersyukur kepada anak. Selain akan terbangun disiplin dan kebiasaan baik, secara perlahan akan akan semangkin menganggap penting hakikat  sholat malam.
Alhamdulillah selesai juga postingan tentang 7 Cara Mendidik Anak Yang Benar Dalam Ajaran Islam yang saya basa secara singkat dan padat, semoga bermanfaat khususnya saya sebagai admin dan umumnya kepada para pembaca web info-dokumenpaud ini semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel tentang 8Cara Mendidik Anak Yang Benar Dalam Ajaran Islam di blog Info Untuk Mu jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com