Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Peran Penting Suatu Media Pembelajaran Di Era Glogalisasi

Peran Penting Suatu Media Pembelajaran Di Era Glogalisasi - Di dalam belajar mengajar hal yang terpenting adalah proses, dimana suatu proses yang dapat menetukan tujuan belajar akan tercapai atau tidak. Karena ketercapaian dalam proses belajar mengajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku. Dari perubahan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif).
Peran Penting Suatu Media Pembelajaran Di Era Glogalisasi

Dalam proses belajar mengajar ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi tercapainya tujuan dari pembelajaran diantaranya, peserta didik, lingkungan, metode atau teknik serta media pembelajaran. Pada kenyataannya apa yang terjadi dalam pembelajaran seringkali terjadi proses pengajaran berjalan dan berlangsung tidak efektif. Sehingga banyak waktu, tenaga dan biaya yang terbuang sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai bahkan terjadinya noises dalam komunikasi antara pengajar dan belajar. Hal ini sering terjadi diatas masih sering dijumpau pada proses pembelajaran selama ini, apa lagi dengan sudah berkembangnya arus informasi dan teknologi di era globalisasi.

Dengan perkembangan informasi dan teknologi dalam media pembelajaran maka tradisi lisan dalam proses pembelajaran dapat diperkaya dengan berbagai media pembelajaran. Dengan tersedianya media pembelajaran, guru pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, dapat menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat diantara peserta didik. Bahkan alat atau media pembelajaran ini selanjutnya dapat membantu guru membawa dunia keluar ke dalam kelas. Dengan denikian ide yang abstrak dan asing sifatnya menjadi konkrit dan mudah di mengerti oleh peserta didik. Bila alat atau media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan profesional, maka proses pembelajaran akan dapat berjalan efektif.

Dalam pembelajaran, alat atau media pendidikan jelas sangat diperlukan. Sebab alata atau media pembelajaran ini memiliki peranan yang besar dan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang di inginkan. Adapun untuk kegunaan media pembelajaran dalam perores belajar mengajar anataralain sebagai berikut:

  • Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan supaya tidak terlalu verbalitas (dalam bentuk kata-kata tertulis atau hanya kata lisan saja)
  • Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera. misalnya "objek yang terlalu besar-bisa digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, atau midel, "Objek yang kecil - dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai atau gambar dan yang lainnya.
  • Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervareasi dapat diatasi sikap pasitf anak didik. dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk : "Menimbulkan motivasi berlajar - memungkinkan interaksi langsung antara anak didik dengan lingkungan secara seperti senyatanya, memungkinkan peserta didik belajar mandiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
  • Dengan latar belakang dan pengalaman yang berberda antara peserta didik, semetara kurikulum dan materi pelajaran di tentukan sama untuk semua peserta didik, hingga hal ini dapat diatasi dengan media pendidikan yaitu : "Memberikan perangsang yang sama, mempersamakan pengalaman, menimbulkan persepsi yang sama".
Dengan demikian, apabila pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai alat atau media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, maka peserta didik akan memiliki pemahaman yang bagus tentang materi yang didapatkan, Sehingga besar kemungkinan dengan memperhatikan alat atau media pembelajaran itu tujuan pembelajaran akan tercapai dengan efektif dan efisien. Dan varesi dalalm pembelajaran dengan menjadikan lingkungan sebagai media belajar yang menyenangkan akan mendukung pelajaran yang tidak membosankan bahkan menjadi semakin efektif.

Itulah pembahasan yang dapat kami informasikan, semoga dengan adanya informasi singkat Peran Penting Suatu Media Pembelajaran Di Era Glogalisasi ini menjadi wawasan bagi kita dan dapat lebih kreatif dalam membeikan materi pelajaran kepada peserta didik di sekolah, baik sekolah PAUD, SD, SMP dan SMA sederajt.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Peran Penting Suatu Media Pembelajaran Di Era Glogalisasi di blog Info Untuk Mu jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com