Cara Membuat Peta Situs di gGoogle Search Console Webmaster Tool - Tutorial Blog

Baca Juga

Cara Membuat Peta Situs di gGoogle Search Console Webmaster Tool - Untuk membuat sebuah peta situs atau sitemap di google search console berarti kita seorang webmaster, yaitu seseorang yang mengelola suatu situs atau blog sedang berusaha melakukan optimasi pada blog yang sedang di kelola. Jika sebelumnya kita sudah tau bagaimana cara mendaftarkan dan memverifikasi blog di google search console maka langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah membuat peta situs atau biasa disebut sitemap.

Cara Membuat Peta Situs di gGoogle Search Console Webmaster Tool - Tutorial Blog

Seperti yang sudah banyak di bahas oleh para mastha bahwa sebuah google search console merupakan tools gratis yang di sediakan google untuk seseorang yang akan mengelola suatu situs atau blog. Sitemap/peta situs pada google search console adalah suatu link yang memberi tahu bot google conten apa saja yang ada pada suatu blog untuk di rayapi dan mempermudah mesin pencarian dalam memahami setiap konten yang ada pada suatu situs. 

Sebelum kita membahas lebih dalam bagaimana cara membuat peta situs di google search console tentu kita harus mempunyai situs atau mempunyai blog. Jika anda belum mempunyai bisa juga bagaimana cara membuat blog di blogger karena hal ini di lakukan untuk melanjutkan tutorial ngeblog mulai dari nol sampai menghasilkan uang.

Dengan membuat peta situs di google search console hal ini di lakukan untuk memberi tahu bot google jenis konten apa yang ada pada suatu situs atau blog. Selain itu juga agar mudah di indeks oleh google dan di kenal oleh bot google.

Jenis jenis peta situs yang dapat di pahami bot google

Untuk dapat membuat peta situs di google search console tentu kita harus membuatnya pada dasbor webmaster tools yang sudah di daftarkan sebelumnya silahkan pilih peta situs maka akan terlihat sepeti ini.

Cara Membuat Peta Situs di gGoogle Search Console Webmaster Tool - Tutorial Blog

Google dapat memahami setiap jenis peta situs atau sitemap di google search console yang kita buat ada banyak sitemap yang bisa kita buat sebenarnya.di antaranya:

  • ->Sitemap.xml
Jenis peta situs ini merupakan peta situs yang di sarankan bagi pengguna platform blogger karena google dapat memahami jenis peta situs ini karena masih bagian dari produk google.

  • ->feed/posts/default?orderby=updated
Jenis peta situs ini di buat untuk memberi tahu bot google bahwa jenis peta situs ini di rayapi berdasarkan dari data berjenis feed yang ada pada blogger yang update setiap kontennya.

  • ->atom.xml
Peta situs yang berjenis atom juga dapat di pahami oleh bot google

  • ->feed/posts/default?alt=rss
Peta situs yang di rayapi melihat dari data rss yang di tampilkan dari feed yang ada pada blogger.

  • ->rss.xml
Peta situs yang di rayapi berdasarkan data dari jenis rss yang ada pada suatu blog.

Jika suatu blog yang sudah mempunyai postingan yang banyak bisa juga menggunakan jenis peta situs sebagai berikut ini:
  • ->blog dengan postingan sampai 500
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • ->blog dengan postingan sampai 1000 lebih
Silahkan mengulangi jenis peta situs dengan mengganti angga max results menjadi 1000

->blog dengan postingan update
Bisa dengan mengganti max results menjadi UPDATED

Cara membuat peta situs
  • -Silahkan buka beranda google search console
  • -pilih peta situs maka anda akan melihat seperti pada gambar di atas
  • -silahkan masukan jenis peta situs yang ingin di tambahkan pada properti yang sudah di buat pada kolom yang sudah di sediakan.
  • -jangan lupa untuk menguji untuk mengetahui hasil dari pembuatan peta situs.
  • -jika proses berhasil maka akan terlihat seperti pada gambar
Jika pada bagian gambar pada menu terindeks masih tertunda berarti peta situs sedang di proses dan di pahami jenis peta situs tersebut oleh bot boogle yang biasanya memakan waktu kurang lebih sehari.  Dan jika sudah melihat angka pada bagian terindeks berarti konten kita sudah bisa di indeks oleh google.

Solusi jika peta situs eror

Jika peta situs yang kita buat ada notice eror silahkan untuk menggunakan jenis peta situs yang lain yang mudah di pahami bot google.

Semoga dengan adanya Cara Membuat Peta Situs di gGoogle Search Console Webmaster Tool - Tutorial Blog ini kita seorang webmaster dapat mengoptimasi situs atau blog yang sedang di kelola secara maksimal meski anda banyak hal lainnya yang harus di lakukan dalam mengoptimasi blog atau situs.
Cara Membuat Peta Situs di gGoogle Search Console Webmaster Tool - Tutorial Blog Salah satu informasi yang dapat kami bagikan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses beberapa informasi yang anda butuhkan, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan perbandingan atau suatu referensi untuk anda. Lihat juga informasi lainnya yang mungkin anda butuhkan dibawah ini.