Cara Mudah Tarik Online PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019 - Anen.web.id

Cara Mudah Tarik Online PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019

Cara Mudah Tarik PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019 | Telah di rilisanya Aplikasi Dapodik di tahun 2018 yaitu versi terbaru dapodik 2019 yang memberikan akses kemudahan tiap tahun Ajaran Baru. Sudah tidak asing bagi seorang operator sekolah dengan berbagai perubahan tiap tahunnya aplikasi dapodik selalu memberikan warna yang berbeda-beda.

Cara Mudah Tarik Online PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019


Aplikasi dapodik 2019 bagi operator sekolah yang memiliki jam terbang tinggi tidak usah kuatir, karena di aplikasi dapodik 2019 memberikan akses layanan secara online perihal peserta didik baru dari semua jenjang dapat di lakukan secara online.

Untuk itulah kami disini akan memberikan sedikit gambaran tentang cara mudah Tarik PD (Peserta Didik) baru di ajaran 2018/2019 untuk semua jenjang sekolah. Baiklah kita langsung saja Tutorial singkat mengenai Cara Mudah Tarik PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019 :

1. Buka Halaman Situs Reminya disini : https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
2. Login gunakanlah Username dan Password Dapodik 2019 yang telah berhasil di registrasi (berhasil login dapodik 2019). lihat gambar dibawah ini untuk masuk dasbor Tarik PD Baru :

Cara Mudah Tarik PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019

3. Langkah selanjutnya Silahkan Klik pada bagian Kelol Data Pokok . Perhatikan gambar dibawah 

Cara Mudah Tarik PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019

4. Setelah kita klik Kelola Data Pokok, Selanjutnya kita akan masuk pada bagan seperti gambar dibawah ini :
Cara Mudah Tarik PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019

Silahkan bapak dan ibu Klik Tab Peserta Didik, Seperti yang telah kami kasih kotak lingkaran Merah

5. Setelah kita klik Tab Peserta didik maka akan masuk kebagian antar muka seperti gambar dibawah ini : 

Cara Mudah Tarik PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019

6. Setelah bapak Ibu Klik Tambah Peserta Didik Maka Mucul Seperti gambar dibawah ini :

Cara Mudah Tarik PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019

Di poin ke 6 ini adalah bagan bagian untuk menarik secara online peserta didik dari semua jenjang Sekolah. Karena kita ketahui bahwa pada aplikasi Dapodik 2019 untuk menambahkan peserta didik baru telah di nonaktifkan oleh pengembang aplikasi dapodik terutama untuk tingkat sekolah SMP, SMA dan SMK.

Dari gambar point ke 6, kami memberikan petunjuk berupa panah dan nomor sesuai urutan yaitu :
1. Sumber data - - Tarik PD Dapodik
2. Propinsi - - (silahkan di pilih sesuai dengan daerah masing-masing)
3. Kabupaten/kota - - (Silahkan dipilih kabupaten Masing-masing)
4. Kecamatan - - (Silahkan di pilih kecamatan masing-masing)
5. Sekolah Asa - - Untuk Sekolah ini adalah tempat dimana peserta didik yang akan kita tarik dari sekolah lama menuju ke sekolah baru
6. Di nomor terkahir adalah untuk menampilkan seluruh peserta didik sesuai dengan tingkat sekolah masing-masing yang akan di tarik oleh bapak dan ibu.

Catatan : Bagi sekolah dasar untuk menarik PD dari Sekolah TK/PAUD boleh di lakukan dengan cara seperti ini jika memang data yang di dapat secara online ini sudah sesuai dengan data yang di miliki oleh bapak dan ibu sebagai Operator Sekolah. Karena dari tampilan jumlah keseluruhan siswa PAUD/TK sebenarnya tidak semua masuk kesekolah di mana siswa tersebut mendapat. Jadi intinya untuk PD PAUD/TK ini harus mencari satu persatu PD yang akan kita tarik ke sekolah yang baru.

Sebagai contoh cara tarik PD siswa PAUD/TK berikut perhatikan gambar dibawah :

Cara Mudah Tarik PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019

Sebagai contoh Tarik PD PAUD/TK yang di lingkari dan telah di berik Ceklis, lalu klik Simpan maka muculah seperti gambar dibawah ini:

Gambar Tarik PD 

Cara Mudah Tarik PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019

Jika bapak dan ibu sudah yakin dengan nama PD dari PAUD/TK dan telah benar dinyatakan masuk kesekolah bapak ibu, silahkan klik Lanjutkan sebagai proses Tarik PD secara online.

Di sini Tarik PD Online yang di lakukan oleh bapak ibu, apa bila bapak dan ibu sudah selesai mendata peserta didik naik kelas serta beberapa data lainnya di aplikasi dapodik 2019 sudah dinyatakan telah selesai. Maka langkah selanjutnya bapak ibu tinggal singkronisasi aplikasi dapodik 2019 untuk menarik PD baru.

Untuk kasus di jenjang tingkat SMP/SMA dan SMK terkait PD baru karena invalid terkait rombel (Kelas). Ini bisa kita lakukan dengan cara memasukan secara acak PD baru ke rombel yang sudah ada di sesuaikan dengan rombel yang di tinggalkan sebelumya. Minimal rombel tersebut terisi oleh PD baru 1 atau lebih juga tidak apa-apa, karena nanti waktu singkronisasi selesi PD baru belum memiliki kelas dan ini bisa di masukan ke rombel yang sudah ada.

Nah..Sekarang bapak ibu Operator Sekolah terutama Operator Sekolah Dasar dapat melakukan Entri data dengan 2 pilihan, yaitu melalui Pendataan Tarik Online dan Melalui Entri data di Aplikasi Dapodik 2019 dengan cara seperti sebelumnya.

Itulah secara singkat mengenai Cara Mudah Tarik PD (Peserta Didik) Di Dapodik 2019 yang dapat kami informasikan, Jika belum memahami silahkan chat/comentar dibawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel