Minggu, 23 September 2018

Cara Cek Akun Operator Yang Terdaftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id

Baca Juga

Cara Cek Akun Operator Yang Terdaftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id - Selamat datang sahabat Operator Sekolah di seluruh Nusantara. Semoga pada hari ini sahabat operator dalam keadaan sehat walapiat dan tetap menjalankan tugas sebagai operator ataupun mengajar bidang study di sekolah masing-masing.

Sahabat Operator, pada tahun 2018 tepatnya tahun ajaran 2018/2019 yang mana di awal tahun ajaran bulan Juli dan memasuki bulan Agustus 2018 bahwasanya Aplikasi dapodik telah di rilis pada tanggal 17 Agustus 2018 dengan di berinama Dapodik2019. Seluruh sekolah yang sudah menggunakan aplikasi dapodik tentu saja sudah menggunakan aplikasi dapodik2019 versi terbaru

Seiring berjalannya waktu dalam entri pendataan terutama data siswa baru, dimana dari aplikasi dapodik 2019 tanpa kita sadari berbagai pembaharuan telah di lakukan oleh TIM Pengembang Aplikasi Dapodik dari pemerintah melalui halaman Dapodikdasmen.

Disinilah Operator sekolah harus berhati-hati dalam mengentri data atau memperbaiki data di aplikasi dapodik2019 yang mengalami berbagai permaslahan timbul di laptop Operator Sekolah yang tanpa sebab dan akibat yang memang Operator sekolah menyadari akan data tersebut Valid (Benar) pada ajaran sebelumnya, akan tetapi di ajaran baru ini banyak terjadi Bugs data di aplikasi dapodik2019.

Selain permasalahan yang dihadapi oleh Operator sekolah di aplikasi tersebut, ada juga yang mengalami kesulitan untuk login diberbagai halaman situs pendidikan antara lain:

  • Situs layanan GTK (Absesn Kehadiran Guru)
  • Situs Vervalpd (Validasi Data Siswa)
  • Situs Verval PTK ( Validasi Data Guru)
  • Situs dapodkikdasmen http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ (Manajemen Sekolah)
Dari ke Tiga situs diatas rata-rata situs yang tiap tahun di akses oleh Operator Sekolah di seluruh Indonesia dari berbagai jenjang sekolah yang sudah menggunakan Aplikasi Dapodik yang di akses melalui akun Operato sekolah yang sudah terdapat pada laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id, kecuali situs untuk layanan Absen Kehadiran Guru menggunakan akun Kepala Sekolah yang terinput di dapodik.

Lalu Bagaimana caranya untuk mengecek data Operator Sekolah? 

Setiap sekolah yang menggunakan Aplikasi Dapodik harus mendaftarkan diri melalui situs http://sdm.data.kemdikbud.go.id sebagai situs untuk berinterkasi dengan situs lainnya maka operator sekolah/kepala sekolah harus mendaftrkan email tersebut ke http://sdm.data.kemdikbud.go.id yang berisikan biodata Operator Sekolah dan mengupload Suat Tugas sebagai Operator Sekolah yang bersangkutan.

Adapun untuk cara Cek Akun Operator Sekolah yang masih aktif kami tutorialkan secara sederhana.

1. Buka di http://sdm.data.kemdikbud.go.id
2. Login apa bila sudah terdaftar akun Operator sekolah

Cara Cek Akun Operator Yang Terdaftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id

Catatan:

Silahkan klik Login seperti gambar yang ditampilkan diatas, Untuk Login bisa menggunakan akun yang sudah di daftarkan sebelumnya. Jika di halaman tersebut tidak bisa login, coba cek email di cek status pendaftran.

3. Jika sudah login dengan menggunakan emil dan password yang sudah terdafter, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.
Cara Cek Akun Operator Yang Terdaftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id

Catatan;

Jika berhasil login di laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id akan nampak emil aktif yang sudah terdaftar, Sekarang klik icon tanda panah kebawah lalu pilih Profil. Di Profil ini merupakan biodata Operator Sekolah 

4. Hasilnya seperti ini.
Cara Cek Akun Operator Yang Terdaftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id

Catatan :

Nah...jika Operator sekolah memiliki emil lebih dari 2, yang mana di saat login dapodik di tahun ajaran belumnya, bisa melihat emil yang digunakan sebelumnya. Dan dari emil tersebut kadang kali bisa digunakan untuk login di vervalpd, vervalgtk dengan password yang sama. Sehingga dari 2 emil tersebut jika tidak bisa di akese maka Operator sekolah harus menghubungi Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Dari gambar diatas yang kami tampilkan, silahkan klik Kode Registrasi.

Berikut Tampilannya..!!

Cara Cek Akun Operator Yang Terdaftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id

Nah....itulah yang dapat kami informasikan mengenai Cara Cek Akun Operator Yang Terdaftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id yang mudah-mudahan bermanfaat, terutama bagi operator sekolah yang baru terjun menjadi Operator. Untuk Operator sekolah yg baru mungkin sangat berguna untuk mencari infomasi tentang opertor lama untuk melihat datanya di dalamnnya.