Jumat, 21 September 2018

Cara Cepat Mengisi Titik Koordinat Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik

Baca Juga

Cara Cepat Mengisi Titik Koordinat Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik | Hay sahabat Operator Sekolah. Apa Kabar ini, gimana pendataan peserta didik sudah selesai apa belum?. Yang pasti saya yakin input data peserta didik sudah selesai dan telah melaksanakan singkronisasi Aplikasi Dapodik 2019.

Cara Cepat Mengisi Titik Koordinat Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik

Cara Cepat Mengisi Titik Koordinat Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik

Di tahu 2018 dengan aplikasi dapodik 2019 saat ini telah di temukan berbagai masalah oleh operator sekolah, terutama Operato Sekolah tingkat SD yang mengalami berbagai kasus sampai kesulitan untuk menyelsaikan pekarjaan tersebut. Melalui artikel ini saya secara pribadi ingin berbagi pengalaman yaitu tentang Cara Cepat Mengisi Titik Koordinat Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik. 

Selain Cara Cepat Mengisi Titik Koordinat Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik juga saya akan menyediakan beberap alat pendukung untuk menyelesaikan permasalahan Operator sekolah antara lain 

  1. Terjadi Fitah Pendataan menggunakan selain aplikasi Dapodik
  2. Terjadi perubahan data baik siswa, guru
  3. Perubahan yang semestinya tidak terjadi, di luar dasar ini telah terjadi
Nah....untuk mengatasi permaslahan tersebut maka operator sekolah harus menggunakan sebuah Tool atau software ringan yang namanya Anti Fitah dapodik. Berikut dibawah ini sudah kami sediakan.


Sedangkan untuk Cara Cepat Mengisi Titik Koordinat Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik ada beberapa poin penting yang harus di perhatikan oleh operator sekolah untuk mengerjakan dan mencari titik koordinat peserta didik dibawah ini kami uraikan:


Sebelum menggunakan aplikasi ini supaya dapat digunakan harus sudah terinstall driver psqlodbc (https://ftp.postgresql.org/pub/odbc/v...) dan Net Framework 4.0). Pastikan sebelum menggunakan aplikasi ini WAJIB terlebih dulu melakukan sinkronisasi Dapodik untuk antisipasi terjadinya kesalahan sistem. Cara kerjanya secara garis besar langkahnya seperti ini:

  • 1. Tutup browser aplikasi Dapodik 2019 dan aplikasi lainnya
  • 2. Buka aplikasi DapoBrowser 2019 (saat pertama kali menggunakan akan muncul notifikasi, tunggu 30 detik baru klik OK)
  • 3. Klik tombol Dapodik dan login seperti biasa menggunakan aplikasi Dapodik. Untuk cara cepat memasukkan email dapat menekan tombol Ctr+U
  • 4. Pada Validasi cek terlebih dulu nama-nama peserta didik yang masih kosong belum terisi lintang bujur (ada warning)
  • 5. Buka menu Peserta Didik lalu Ubah pada peserta didik yang mau diisi/diubah data koordinatnya dengan mengarahkan ke isian lintang dan bujur. Jangan  lupa kosongkan terlebih dulu untuk data yang ada. 
  • 6. Klik tombol Maps dan cari pada nama yang ingin diubah/diisi data koordinatnya. Ubah tampilan google maps model satelit dan tunggu sampai google maps menemukan lokasi yang paling terdekat. Jika tidak sesuai tinggal arahkan ke titik koordinat tempat tinggal peserta didik. Klik pada titik tempat tinggal peserta didik biar lintang bujur menyesuaikan.
  • 7. Klik tombol Dapodik, lalu pada isian lintang tekan Ctrl+L dan pada isian bujur tinggal tekan tombol Ctrl+B
  • 8. Klik Simpan lalu tutup dan ulangi terus sampai selesai dari langkah nomor 3 sampai nomor 8.
Selengkapnya dapat bapak ibu operator unduh dibawah ini
Link Alternatif Dapodik Browser

Sekian dan semoga membantu untuk operator sekolah yang mengalami kendala atau berbagai masalah yang di hadapi pada aplikasi dapodik 2019. Selamat mencoba dan selamat bekerja. Jika link diatas yang kami sediakan error, bapak ibu bisa menghubungi kami melalui konta komentar