Haruskah Saya Memperbarui Driver PC/Laptop Saya Segera? - Anen.web.id

Haruskah Saya Memperbarui Driver PC/Laptop Saya Segera?

Haruskah Saya Memperbarui Driver PC Saya Segera? Selamat datang di website kami. Hari ini kami akan berbagi informasi tentang Driver Computer/Laptop. Karena dari driver computer/laptop jenisnya sangat banyak. Namun terkadang suka timbul pertanyaan pada diri sendiri mengenai driver computer apakah harus diperbaharui atau tidak? Nah....Untuk itulah kami di sini akan mengulas atau menginformasikan hal tersebut kepada anda pengguna computer/laptop.

Haruskah Anda Memperbaharui Driver PC/Laptop Segera?

Untuk pengguna PC rata-rata, driver sedikit seperti "anak langkah berambut merah."

Pengguna rata-rata tahu bahwa perangkat keras dan perangkat lunak seperti antivirus atau OS Windows sangat penting untuk kelancaran fungsi komputer.

Apa yang mungkin tidak dia sadari, adalah bahwa driver juga merupakan elemen kunci dalam fungsi optimal komputer. Dan dengan ekstensi, ia mungkin tidak menyadari bahwa driver dari waktu ke waktu perlu diperbarui setelah mereka diinstal.

Oleh karena itu, sekarang adalah saat yang tepat untuk memahami pentingnya driver komputer dan cara mengelolanya dengan baik. Tempat yang bagus untuk memulai adalah ...

Apa itu Driver?

Driver adalah perangkat lunak yang memfasilitasi perangkat keras PC Anda untuk berkomunikasi dengan Sistem Operasi Windows.

Itu bisa berarti membantu sistem PC Anda untuk berkomunikasi dengan printer Anda atau membantu komputer Anda terhubung ke internet melalui kartu jaringan Anda.

Ketika Anda menginstal Sistem Operasi Windows, driver yang dibangun ke dalam perangkat lunak itu secara otomatis diinstal pada sistem juga.

Namun, ada kalanya Anda mungkin perlu menginstal driver dari situs web produsen.

Sebagai contoh, Windows mungkin hanya menginstal edisi barebone dari suatu perangkat lunak, yang mengakibatkan tidak adanya fitur-fitur canggih untuk perangkat lunak itu.

Mengunduh driver dari situs web pabrikan perangkat lunak itu dan menginstalnya akan membuka lebih banyak fitur untuk perangkat lunak itu.

Jika Ini Tidak Pecah ..

Anda telah mendengar pepatah sebelumnya, "jika tidak rusak, jangan memperbaikinya." Nah, aturan ini harus diterapkan pada driver komputer Anda.

Meskipun baik untuk memperbarui driver Anda, tidak ada alasan untuk terobsesi. Jika driver Anda bekerja dengan benar, maka ada sedikit yang perlu ditingkatkan.

Kecuali tentu saja edisi baru memiliki beberapa fitur mengagumkan atau peningkatan kinerja yang Anda inginkan atau jika Anda melihat bahwa peningkatan direkomendasikan dalam catatan rilis.

Ada kemungkinan bahwa meningkatkan driver Anda mungkin memberikan beberapa peningkatan kinerja tetapi ini bukan norma.

Namun, meningkatkan driver Anda dapat menyebabkan beberapa masalah. Dalam contoh seperti itu, Anda harus mengembalikan pembaruan.

Jika Anda menggunakan perangkat lunak pembaruan driver untuk meningkatkan driver Anda, rollback dapat dengan mudah diperoleh karena perangkat lunak tersebut biasanya menyediakan titik pemulihan secara otomatis.

Meskipun demikian, jika Anda seorang gamer, satu driver yang mungkin ingin Anda tingkatkan lebih sering adalah driver kartu video Anda.

Upgrade ke perangkat lunak ini biasanya dilengkapi dengan peningkatan kecepatan dan profil untuk game baru. Jadi sebagai gamer yang rajin, Anda akan ingin memanfaatkan fitur-fitur tersebut sepenuhnya.

Bottomline, perbarui driver Anda hanya jika Anda harus - misalnya - jika koneksi internet Anda turun lebih sering daripada yang Anda inginkan atau jika pemindai Anda tidak berfungsi dengan baik.

Dalam kasus ini, cobalah memecahkan masalah terlebih dahulu dengan memperbarui driver Anda.

Bagaimana Saya Memeriksa Versi Saya?

Untuk memeriksa versi driver khusus apa pun, Anda harus mengklik tombol "Start" di sudut kiri bawah layar Anda. Lalu pergi ke "Control Panel" kemudian pergi ke "Hardware and Sound" lalu "Device Manager".

Anda kemudian akan melihat jendela muncul dengan daftar seluruh perangkat. Klik kanan pada perangkat dan Anda akan melihat jendela akan muncul. Klik pada tab "driver" di jendela itu. Informasi yang ditampilkan harus memberi tahu versi driver tersebut.

Anda dapat membandingkan versi yang diinstal dengan versi saat ini di situs web produsen untuk melihat apakah ada versi yang lebih baru tersedia. Anda kemudian dapat mengunduh versi yang lebih baru dari pabrikan dan menginstalnya.

Saya biasanya menghindari meningkatkan driver saya melalui "Device Manager" karena saya tidak pernah yakin tentang apa yang saya terima.

Saya baru saja mengunduh versi terbaru dari situs web pabrikan atau dari perangkat lunak pembaruan driver yang saya pasang di sistem saya.

Di mana Untuk Mendapatkan Pembaruan

Dalam beberapa kasus, Anda tidak perlu melakukan apa pun. Ketika Anda menyambungkan perangkat ke komputer Anda untuk pertama kalinya, OS Windows akan sering menginstal sendiri edisi generik driver yang diperlukan untuk perangkat lunak itu.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengunduh driver dari situs web produsen mungkin diperlukan untuk mengakses fitur-fitur lanjutan dari perangkat lunak itu.

Pilihan lainnya adalah mengunduh perangkat lunak pembaruan driver ke sistem Anda. Perangkat lunak tersebut akan memeriksa pembaruan driver secara otomatis dan mengunduh pembaruan.

Perangkat lunak semacam itu juga menyediakan fitur pencadangan jika pembaruan menyebabkan beberapa masalah.

Perangkat lunak pembaruan driver, seperti Driver Booster Pro (yang saya gunakan), sering kali datang dalam versi gratis dan berbayar. Versi berbayar biasanya mendukung lebih banyak pembaruan driver. Dengan kata lain, versi gratis mungkin menunjukkan bahwa semua driver saat ini pada sistem tertentu. Versi berbayar mungkin menunjukkan bahwa sebenarnya, sepuluh driver sudah ketinggalan jaman pada sistem yang sama.

Demikianlah informasi singkat yang dapat kami bagikan dan semoga bermanfaat untuk anda khususnya saya peribadi yang memang sering menggunakan computer/laptop sebagai alat kerja di kantor ataupun dirumah."Haruskah Saya Memperbarui Driver PC Saya Segera?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel