Cara Cetak Kartu NUPTK Versi VervalPTK 2019 Operator Sekolah | www.anen.web.id

Cara Mudah Cetak Kartu NUPTK Versi VervalPTK 2019 Operator Sekolah : Hay Semuanya...Apa kabar teruntuk Operator Sekolah di seluruh Nusantara Bumi Indonesia. Hari yang berbahagia ini saya ingin berbagi sedikit informasi untuk Operator Sekolah yang memang memiliki tugas dan tanggung jawab selama masih aktif menjadi Operator Sekolah yang memiliki jam kerja 1x24 Jam untuk memvalidasikan data-data di aplikasi dapodik.


Informasi singkat yang akan kami sampaikan hari ini terkait dengan sebuah kartu NUPTK bagi seorang guru yang sudah memiliki NUPTK. Kalau dulu untuk sebuah kartu Nuptk di cetak dan di terbitkan waktu itu melalui sistem PADAMU NEGERI yang di akses oleh opertor sekolah melalui akun resmi. Namun sejak di tutupnya sistem pendataan melalui Padamu Negeri di tahun 2014 di pertengahan bulan, maka pemerintah mengantinya dengan Aplikasi Dapodik untuk semua tingkat sekolah.

Cara Cetak Kartu NUPTK Versi VervalPTK 2019 Operator Sekolah | www.anen.web.id

Disinilah peran Operator yang awal menggunakan padamu negeri kini berganti ke aplikasi dapodik yang memiliki beberapa situs yang mesti di akses oleh operator sekolah. Salah satu situs yang mesti di akses atau di buka oleh operator sekolah adalah melalui site https://sso.data.kemdikbud.go.id yang merupakan situs untuk tenaga pendidik dan kependidikan semua sudah tertampung di dalam database tersebut.

Di halaman situs https://sso.data.kemdikbud.go.id inilah semua data tenaga pendidik dan kependidikan terbaca oleh sistem jaringan server dapodikasmen yang mana setiap guru dari database https://sso.data.kemdikbud.go.id ini memilik hak yaitu NUPTK. Bagi tenaga pendidik dan kependidikan yang sudah mengabdi kurang lebih 3 tahun, maka tenaga pendidik dan kependidikan ini layak menjadi calon penerima NUPTK tiap tahunnya.

Untuk mendapatkan NUPTK tersebut kewenangan data untuk di upload guru harus menghubungi tiap operator sekolah yang merupakan pemengang kunci login di https://sso.data.kemdikbud.go.id. Namun di sini kami tidak akan membahas mengenai NUPTK bagi guru yang belum mendapatkan NUPTK. Informasi tersebut silahkan bapak ibu guru berkoordinasi dengan Operator Sekolah mengenai Masalah NUPTK.

Baiklah kami akan memberikan tutorial singkat bagi Operator Sekolah yang ingin mencetak kartu NUPTK bagi guru yang sudah memiliki NUPTK. Karena cara ini lebih mudah dan efektif tinggal bapak dan ibu menghubungi Operator Sekolah untuk mencetak kartu NUPTK.

1. Silahkan Bapak ibu Operator Sekolah Buka situs : http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Verval
2. Di halaman Situs terebut bapak ibu tinggal mengarahkan kusor muose ke vervalGTK atau bisa lihat gambar dibawah ini:

Cara Mudah Cetak Kartu NUPTK Versi VervalPTK 2019 Operator Sekolah

3. Jika sudah mengklik yang di tunjuk oleh anak panah, nanti akan dibawah ke tab baru/halaman baru, perhatikan hambar dibawah :


Catatan : Untuk login seperti gambar diatas ini hanya operator sekolah yang mengetahui Username dan password untuk loginnya. Jadi silahkan bapak ibu guru hubungi Operator Sekolah.

4. Dibagian yang terakhir jika sudah masuk kehalaman database tenaga pendidik dan kependidikan, seperti gambar dibawah :


Catatan : Perhatikan yang di tujuk oleh tanda panah adalah alamt data base guru : http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/Home/Sekolah, maka langkah selanjutnya adalah bapak ibu Operator Sekolah mengganti url http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/Home/Sekolah, menjadi http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/kartu/list/

Jika hasil dari http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/kartu/list ini akan mucul nama-nama guru yang sudah memiliki NUPTK, maka guru tersebut siap di cetakkan kartu NUPTK. Jika halaman tersebut tidak muncul, maka bapak ibu operator sekolah harus menghubungi Opertor Dinas untuk mengetahui permasalahannya.

Update : 22/11/2018 Vervalgtk cetak kartu nuptk 2018/2019

Setelah kami mencari dan menemukan informasi terkait dengan cetak kartu Nuptk di vervalgtk, ternyata ini hanya berlaku bagi guru PAUD melalui layanan PAUD DIKMAS (Oparator Sekolah PAUD), adapun untuk non formal pengajuan NUPTK selama datanya ada di dapodik silahkan lihat Juknis Terbaru di sini Juknis Syarat NUPTK ; http://gtk.data.kemdikbud.go.id//home/syarat

Dan kami mohon maaf tidak bisa menampilakn bentuk hasil cetak kartu NUPTK, Karena saya sebagai Operator tidak bisa menampilkan daftar list cetak kartu, berhubung di database vervalptk ada sesuatu/mungkin berlum di perbaharui data-data tersebut. Tapi apa yang saya informasikan ini sudah ada beberapa guru di kecamatam saya bisa mencetak kartu nuptk melalui situs/halaman http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Verval. Jadi tidak ada salahnya bapak dan ibu operator sekolah mencobanya.

Nah...itulah informasi singkat yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang sudah kami uraikan diatas dapat membantu rekan guru Operator Sekolah di seluruh Nusantara. Cara Cetak Kartu NUPTK Versi VervalPTK 2019 Operator Sekolah | www.anen.web.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel