Belajar Instal Ulang Windows, Jadi Sampingan Operator Sekolah/Umum - anen.web.id

Share:

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Belajar Instal Ulang Windows, Jadi Sampingan Operator Sekolah/Umum - Di era arus informasi yang cepat melalui dunia internet, segala macam bentuk kebutuhan bagi seseorang sekarang semakin mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi apa yang dibutuhkannya. Karena sekarang ini hampir semua orang sudah bisa memiliki barang elektro semacam Smartphone, Komputer, Lapotop asalkan semua memiliki paket data untuk mencari, memelusuri pencarian (search) di google sekarang ini semakin komplite.

Belajar Instal Ulang Windows, Jadi Sampingan Operator Sekolah/Umum - anen.web.id

Cuma di sini, orang yang benar-benar mencari informasi di google itu harus mau membaca, menelaah, mempraktekan setelah mencari apa yang dibutuhkan untuk mengetahui yang awal tidak bisa menjadi bisa, yang tidak tahu menjadi tahu. Jadi intinya harus mau membaca dan mempraktekan apa yang sudah di dapatkan dari google melelu mesin teusur (search).

Untuk itulah saya di sini ingin berbagi sedikit apa yang sudah saya coba praktekan dan berdasarkan belajar dan membaca dari google yaitu "Belajar Instal Ulang Windows". Kenapa harus belajar Instal Ulang Windows. Banyak sekali manfaatnya jika kita sebagai pengguna laptop, komputer bahkan bisa membantu orang lain instalkan windows di komputer dan laptop dari pada kita memakai jasa yang belum tentu biayanya murah.

Tapi dengan belajar instal windows sendiri terhadap komputer/laptop akan mendapatkan manfaat buat diri sendiri dan untuk orang lain jika memang sudah mengetahui cara-cara instal ulang windows. Dari pengalaman diri sendiri dan menjadi paham cara mudah instal ulang tanpa harus pergi ke jasa instal windows, lebih baik praktek sendiri.

Sangat mudah untuk praktek sendiri instal ulang windows apapun jenisnya yang digunakan oleh komputer dan laptop anda. Apa saja sarat instal ulang windows? Nah bahan-bahan ( sarat)nya bisa langsung lihat dan bisa dipraktekan sendiri.

Syarat (bahan) Instal ulang windows;
1. Siapkan Flasdist 4 GB/2GB
2. Software Rufus (Diver)
3. File Windows

Catatan :

Untuk bagian pertama tidak akan saya bahas, karena sudah tahu fungsi dan kegunaan dari flasdist itu sendiri bagi yang memang suka menyimpan data di dalam flasdist. Langsung saja kebagian kedua yaitu Software Rufus. Rufus adalah aplikasi (Software) untuk membuat atau menyimpan file yang berbentuk OS untuk membaca semua file yang bootable dengan flasdist. Sedangkan untuk file windowsnya di sini bukan file yang sudah jadi seperti DVD/CD, namun file nya ini harus berbentuk File ISO. File Iso sendiri adalah file yang bisa di bruning kedalam DVD/CD, jadi di sini dari software rufus ini adalah penganti dari DVD/CD untuk membuat windows insteller.

Yuk langsung saja cara membuat Windows dengan Flasdist, Namun sebelum praktek membuat windows, kamu download dulu bahan-bahannya.


  • Download Rufus
  • Downloads Windows 7, 8, 10 berformatkan File Window ISO. Untuk Rufus bisa di download disini, Untuk windows nya saya sediakan file Windows 7 32/64 bit (Downloads) untuk windows yang lainnya kalian bisa mencari di google sesuai selera windows yang dipakai.
Setelah kamu unduh software rufus, silahkan klik 2x rufusnya untuk penamipilakan rufus, Seperti gambar nampak dibawah ini.


Belajar Instal Ulang Windows, Jadi Sampingan Operator Sekolah/Umum

Adapun untuk proses pembuatan windows ke dalam flasdist, kalian harus menonaktifkan terlebih dahulu antivirusnya. Sangat penting untuk menjaga proses pembuatan windows os kedalam flasdist agar tidak terkena virus (di anggap virus) oleh aplikasi antivirus tersebut.

Jika sudah menyiapkan bahan-bahan yang sudah saya sebutkan diatas, kini saatnya memulai membuat windows kedalam software rufus. Langkahnya yaitu

1. Matikan Semua antivirus
2. Tancapkan flasdist USB ke komputer/laptop
3. Buka aplikasi Rufus

Belajar Instal Ulang Windows, Jadi Sampingan Operator Sekolah/Umum

4. Klik "Select" yang di tunjukan oleh anak panah angka 1, silahkan kamu cari file windows 7 ISO yang telah kamu download tadi, tunggu beberap detaik sampai muncul "Start" higga nanti bisa di sentuh, yang di tunjukan oleh anak panah 2. Perahatikan dibawah ini adalah proses dimana windows sedang dibuat.

Berikut tampilan dari gambar yang siap dibuat Windows 7 ISO ke dalam Flasdist, namun yang saya tanpilkan dan akan membuat Windwos OS Xp3 ISO.

Belajar Instal Ulang Windows, Jadi Sampingan Operator Sekolah/Umum

Sampai tahap ini, kamu sudah bisa membuat file windows Iso ke dalam Flasdist. Dari tampilan dan petunjuk yang di tunjuk oleh anak panah 1 adalah file Iso Xp-Sp3. Dan anak panah 2 langsung saja klik Start untuk memualai proses pembuatan windows iso.

Catatan :
Untuk proses instal ulang komputer dan laptop di sini, kamu harus mengatur terlebih dahulu setingan biosnya dalam keadaan Restar/menghidupkan. Karena untuk masuk settingan bios setiap laptop berbeda-beda, ada yang menggunakan tombol FN+F2, FN+F1 bahkan ada FN+Delet. Namun ada cara cepat tanpa harus masuk  settingan bios. Pada saat komputer/laptop mati, tancapkan usb windows yang sudah dibuat, lalu tekan F11 untuk memilih booting windows yang digunakan.

Jika muncul pilihlah bagian kedua atau muncul tulisan (USB) yang kita gunakan, bisanya kalau terdetek usb suka mambawa merek. Nah langsung klik dan pilih windwos yang ada di usb sebagai booting untuk instal ulang.

Ingat, sebelum menginstal windows, anda harus memindahkan/Backup file anda terlebih dahulu yang di bagian "Documents" ke Local D. Kalau tidak dipindahkan maka file anda yang sudah dibuat akan hilang.

Demikianlah postingan singkat dari saya cara Belajar Instal Ulang Windows, Jadi Sampingan Operator Sekolah/Umum, semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin belajar membuat windows iso ke dalam flasdits. Tutor singkat ini buat siapa saya yang ingin belajar.